Cara Membuat Barcode di Kartu Pelajar

Cara Membuat Barcode di Kartu PelajarCara Membuat Barcode di Kartu Pelajar. Semakin lama kecanggihan di dunia tehnoligi juga semakin maju dan sanggat canggih. Dulu kita lihat, masih banyak sekali yang menggnakan metode atau cara manual dalam pemindaian data. Tetapi sekarang jauh sudah maju jika di bandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu. Sekarang sudah ada Tehnologi Barcode yang sangat membantu sekali dalam mempermudah pemindaian data.

Oh ya.. kalian semua sudah tahu belum apa yang di maksud dengan barcode itu. ??

Sebuah kode batang atau kode palang (bahasa Inggris: barcode) adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang. itu adalah penyelasan barcode yang saya kutip dari wikipedia.

Nah, setelah membaca penjelasan diatas, saya yakin anda sudah mengerti dan paham tentang arti barcode, untuk selanjutnya kita akan masuk pada point Cara Membuat Barcode Di Kartu Pelajar. Kita tidak perlu sudah sudah untuk membuat barcode, kita nanti akan menggunakan Software Pembuat Kartu Pelajar yang sudah ada fitur Barcodenya. Apa Nama Softwarenya… ? Simakan penjelasan di bawah ini.

Software Pembuat Kartu Pelajar dengan Barcode

Untuk Membuat Barcode baik itu Barcode Batang maupun Barcode Qrcode di Kartu Pelajar, saya biasanya menggunakan Software Simple Student Card Pro. Aplikasi Cetak Kartu Siswa ini telah memiliki fitur untuk membuat desain kartu yang di lengkapi dengan Fitur Barcode yaitu barcode Code 128 dan juga QRcode.

Cara Membuat Barcode di Kartu Pelajar

Kita Harus Download dan Install Software Cetak Kartu Tanda Pelajar Simple Student Card terlebih dahulu, jika anda belum memilikinya, anda bisa download di akhir postingan ini, tetapi versinya masih versi demo. Meskipun versi demo, masih bisa digunakan untuk membuat barcode.

Jika di komputer anda sudah Terinstall Software Kartu Siswa Simple Student Card Pro, silakan anda buka software tersebut lalu kita buka menu setting atau pengaturan kartu. Pada Bagian barcode kita Pilih Code 128 jika ingin membuat barcode jenis code 128 dan kita pilih QRCode jika kita ingin membuat barcode jenisr QR Code.

Sting Barcode pada Kartu Pelajar

Kemudian kita tentukan Nilai dari barcode. Contoh Disini kita pilih NIS sebagai value dari barcode. artinya barcode akan di buat / di generate secara otomatis sesuai dengan NIS ( No Induk Siswa ) masing masing siswa. Perhatikan gambar Cara Membuat Barcode di Kartu Pelajar di bawah ini.

Contoh Barcode Pada Kartu Pelajar

Jika kita perhatikan gambar diatas, antara siswa satu dengan siswa yang lainnya barcodenya berbeda-beda yaitu sesuai dengan NIS masing masing siswa.

Sekian petunjuk tentang Cara Membuat Barcode pada Kartu Siswa, semoga postingan ini bisa bermnafaat dan menambah ilmu untuk anda. Sekian dan terima kasih

Link Download : Simple Student Card Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *